Kumpulan Doa Natal

232 views

Kita sebagai Umat Katolik akan segera menyambut Hari Raya Natal. Hanya dalam hitungan hari, Hari Natal akan datang. Perayaan Hari Raya Natal 2020 diperingati oleh umat Katolik pada 25 Desember 2020 mendatang. Natal adalah momen umat Katolik menyambut hari kelahiran Sang Juru Selamat Yesus Kristus.

Natal dirayakan dalam Misa Malam Natal pada tanggal 24 Desember dan misa Minggu Natal 25 Desember. Dan biasaya setiap umat Katolik berkumpul dan melakukan Misa di gereja.

Namun demikian, suasana Natal tahun ini mungkin bisa jadi berbeda. Hal itu lantaran pandemi yang terjadi secara global saat ini. Tetapi jangan sampai kondisi tersebut menyurutkan iman Kita untuk menyambut Natal meski mungkin sebagian dari kita di Indonesia hanya bisa ikut misa malam natal dan hari natal melalui live streaming.

Kemeriaahan Natal tak hanya terlihat secara fisik, namun juga diharapkan berkat Natal bisa membawa hati kita damai dan dapat menjadi penerus Yesus Kristus mewartakan kabar dunia hingga keseluruh bangsa

Berikut ini dikutip dari kumpulan doa-doa Natal yang bisa kalian panjatkan saat 25 Desember 2020.

DOA NATAL 1

Allah Bapa di surga,
kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia dengan lahir ditengah-tengah kami.
Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi.
Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami, dan cahaya keselamatan-Mu bersinar ditengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami.

Curahkanlah rahmat-Mu, agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama, dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu ditengah-tengah mereka.
Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa (Amin).

Sumber : Puji Syukur nomer 87

DOA NATAL 2

Bapa yang penuh kasih,

tolonglah kami untuk mengingat kelahiran Yesus, supaya kami dapat mengambil bagian dalam kidung para malaikat, sukacita para gembala, dan puji-pujian orang-orang bijak. Tutuplah pintu kebencian dan bukalah pintu kasih di seluruh dunia. Biarlah kebaikan hadir melalui setiap pemberian dan keinginan-keinginan yang baik melalui setiap sapaan.

Bebaskanlah kami dari yang jahat melalui berkat yang dibawa oleh Kristus, dan ajarlah kami untuk bersukacita dengan hati yang bersih. Semoga pagi Natal membuat kami berbahagia karena menjadi anak-anakMu, dan malam Natal menyertai tidur kami dengan pikiran-pikiran yang penuh ucapan syukur, mengampuni dan diampuni, demi Yesus.

Amin!

Doa Kelahiran Tuhan Yesus

Tuhan Yesus, betapa senangnya kami karena sebentar lagi kami akan merayakan hari kelahiran-Mu Tuhan. Di banyak gereja-Mu Tuhan mulai terlihat berbagai kesibukan dalam mempersiapkan ibadah dan perayaan Natal. Hati kami bersuka cita dan dengan penuh semangat kamipun turut ambil bagian dalam pelayanan mempersiapkan peringatan akan hari kelahiran-Mu.

Ya Tuhan Yesus, Kami mohon Engkau menolong kami semua yang terlibat dalam persiapan ibadah dan perayaan Natal, agar kami boleh saling bekerja sama dengan baik satu dengan yang lainnya, dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik – baiknya.

Dan yang paling penting adalah kami ingat bahwa ini semua adalah untuk kemuliaan nama-Mu, untuk menyenangkan hati-Mu dan bukan untuk kebanggaan ataupun kepuasan kami.

Ingatkan kami juga Tuhan di tengah krisis global yang terjadi ini, ‘tuk tidak terlalu boros dalam mengeluarkan dana ‘tuk perayaan yang besar-besaran yang dapat menjadi kecemburuan sosial ataupun batu sandungan, karena yang terpenting bukanlah meriahnya pesta dan acara, namun makna kelahiran-Mu jauh lebih penting, dan makna kelahiran-Mu itulah yang harus kami sampaikan agar menjadi berkat bagi mereka yang mendengarkannya.

Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa,

Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *