Renungan Harian Katolik Masa Adven I Minggu 28 November 2021

Kalender Liturgi Minggu 28 November 2021

Minggu Masa Adven I
Warna Liturgi: Ungu

Bacaan I  Yer 33:14-16

Yer 33:14 “Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda.
Yer 33:15 Pada waktu itu dan pada masa itu Aku akan menumbuhkan Tunas keadilan bagi Daud. Ia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri.
Yer 33:16 Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan, dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram. Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil: TUHAN keadilan kita!

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Mzm 25:4bc-5ab.8-9.10.14
Kepada-Mu, ya Tuhan, kuangkat jiwaku.
*Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan daku.
*Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang bersahaja.
*Segala jalan Tuhan adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian dan peringatan-peringatan-Nya. Tuhan bergaul karib dengan orang yang takwa kepada-Nya, dan perjanjian-Nya Ia beritahukan kepada mereka.

Bacaan II 1Tes 3:12-4:2

1Tes 3:12 Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu.
1Tes 3:13 Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

1Tes 4:1 Akhirnya, saudara-saudara, kami minta dan nasihatkan kamu dalam Tuhan Yesus: Kamu telah mendengar dari kami bagaimana kamu harus hidup supaya berkenan kepada Allah. Hal itu memang telah kamu turuti, tetapi baiklah kamu melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi.
1Tes 4:2 Kamu tahu juga petunjuk-petunjuk mana yang telah kami berikan kepadamu atas nama Tuhan Yesus.

Demikianlah sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil Mzm 85:8
Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.

Bacaan Injil  Luk 21:25-28.34-36

Luk 21:25 “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.
Luk 21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.
Luk 21:27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
Luk 21:28 Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”

Luk 21:34 “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
Luk 21:35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
Luk 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan Harian Katolik

Hari ini adalah hari Minggu Advent I. Tahun liturgi yang baru dimulai, dan kita memulai tahun liturgi ini dengan menantikan kedatangan Tuhan Sebenarnya empat minggu minggu advent memiliki makna yang berbeda. Minggu Advent I dan II lebih diarahkan untuk perenungan akan penantian kedatangan Yesus  di akhir zaman.

Maka bacaan bacaan pada kedua minggu ini lebih berhubungan dengan akhir zaman, kedatangan Putra Manusia yang akan datang dengan kekuasaan dan akan mengadili semua orang.  Sedang bacaan bacaan Minggu Advent III  dan IV sudah diarahkan  bagi persiapan penantian kedatangan Tuhan Yesus yang pertama , yakni ketika menjelma dan lahir sebagai manusia.

Kata kunci untuk penantian adalah dengan berjaga jaga. Itulah yang disabdakan Tuhan pada Injil hari ini. Agar kedatangan hari Tuhan tidak mengejutkan bagi kita, hendaklah kita berjaga jaga. Kita mesti  berjaga jaga sambil berdoa..

Tampak disini, berdoa bukan sekedar untuk memuji dan memohon kepada Tuhan  mengenai apa yang kita perlukan  Berdoa juga bermakna bagi perlindungan kita terhadap godaan dan berbagai hal yang membuat kita tidak siap menyambut kedatangan Tuhan.

Berdoa juga adalah cara paling pas untuk memperoleh kekuatan bagi daya tahan banting kita sebagai murid murid Kristus. Kita sudah biasa berdoa. Tetapi bukankah doa kita ini lebih berisi berbagai permohonan agar kita sehat, kita selamat, kita lulus ujian, rejeki kita nomplok terus, rumah kita tidak bocor, dan seterusnya.

Bila kita berdoa, entah apapun isinya, entah apapun yang kita doakan, tentulah baik asalkan kita arahkan betul kepada Tuhan kita.

Dan semakin tekun dan teratur kita berdoa, kita akan semakin merasa bahwa hidup rohani kita kuat, bahwa kita lebih tahan uji, bahwa kita lebih damai. Dalam arti itulah kita telah berjaga jaga sebagaimana diminta Tuhan

Butir permenungan

Pada Minggu Pertama Adven ini, kita memulai tahun liturgi yang baru. Masa Adven ini mengingatkan kita untuk memperhatikan berbagai cara Yesus setiap hari datang ke dalam hidup kita. Namun, pembacaan Injil untuk Minggu pertama Adven ini agak meresahkan.

Dalam Injil Lukas, Yesus memberi tahu murid-muridnya, ”Akan ada tanda-tanda pada matahari, bulan, dan bintang-bintang. Dan di bumi, bangsa-bangsa akan cemas, dibingungkan oleh deru laut dan ombak!” Yesus memberi tahu murid-muridnya: “Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar! Menjadi perhatian! Tanda-tanda ini akan memberi tahu Anda bahwa penebusan Anda sudah dekat!” Ia kemudian memperingatkan murid-muridnya, ”Jangan mengantuk karena pesta pora dan mabuk-mabukan atau kecemasan hidup sehari-hari.

Jika Anda melakukannya, hari itu mungkin mengejutkan Anda!” Kata-kata Yesus diucapkan dengan nada suara yang mendesak. Jelas ia berharap kita akan menjadi waspada dan terjaga untuk kedatangan-Nya, tidak hanya di “akhir zaman” tapi hari ini dan setiap hari.

Mengingat kesibukan kita sehari-hari, mudah untuk “mengantuk” kedatangan Yesus. Seringkali ada banyak yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu untuk melakukannya.

Namun, apakah kita ingin melewatkan cara Yesus datang kepada kita? Jika setiap hari kita memperhatikan kehadiran Yesus bersama kita, perhatian setiap hari ini akan memastikan bahwa kita akan siap untuk bertemu dengan-Nya ketika kita tiba di akhir hidup kita.

Hari ini ingatlah kehadiran Yesus bersama Anda: dalam tawa seorang anak, dalam keindahan salju atau hanya di saat tenang. Dia selalu bersama kita! Namun, seringkali kita tidak hadir di hadapan-Nya!

Doa

Ya Tuhan, dampingilah aku agar aku tidak terlarut dalam urusan duniawi, tetapi  selalu mengandalkan Dikau dalam seluruh hidupku. Amin

Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *